Tips Mencerahkan Kulit Ketiak

Tips Mencerahkan Kulit KetiakArbo Boy - Kulit ketiak yang gelap dan menghitam, membuat banyak wanita menghindari mengenakan tank-top atau atasan terbuka. Jangan biarkan masalah ini membuat Anda tidak percaya diri.

Sebenarnya, masalah ini bisa diatasi asal Anda tahu penyebabnya. Menurut  dr. Abhijit Desai, seorang ahli kulit, salah satu pemicu ketiak hitam adalah reaksi dari penggunaan deodoran.

"Kulit ketiak yang hitam bisa karena penggunaan deodoran yang menimbulkan reaksi iritasi. Atau, bisa juga kondisi medis yang disebut Acanthosis Nigricans, yaitu pemicu gelapnya kulit leher, paha dan ketiak dan cenderung terjadi pada orang yang kelebihan berat badan," kata dr. Desai, dikutip dari Idiva.

Berikut empat pemicu menghitamnya kulit ketiak yang perlu Anda tahu.

1. Iritasi
Kulit bereaksi dengan formula deodoran atau parfum yang bisa jadi memicu iritasi. Awalnya, kemerahan namun kelamaan akan menggelap dan menghitam.

2. Mencukur
Mencukur memang bisa menghilangkan bulu ketiak, namun juga meningkatkan risiko terjadinya pigmentasi kulit dan membuatnya jadi lebih gelap. Lebih baik melakukan waxing untuk menghindari pigmentasi.

3. Sel kulit mati
Kulit yang kering merupakan sel-sel kulit mati. Jika dibiarkan menumpuk akan membentuk lapisan yang berwarna gelap. Untuk itu, penting untuk menjaga kebersihan kulit setiap hari dan lakukan scrubbing atau lulur.

4. Busana ketat

Mengenakan busana yang terlalu ketat dan bahan yang menimbulkan iritasi juga bisa membuat kulit ketiak menghitam. Jadi, kenakan busana yang nyaman dan tak terlalu ketat sehingga kulit bisa bernapas dan tak berisiko mengalami iritasi.

Cara mengatasi

Untuk mengatasi atau mengurangi warna hitam di kulit ketiak, dr. Abhijit Desai menyarankan untuk mengenakan krim kulit yang mengandung retinoic acid. Formulanya bisa membuat kulit jadi lebih cerah.

Ada juga bisa membuat ramuan alami untuk mencerah kulit ketiak. Campur saja satu sendok yogurt tawar, satu sendok perasan jeruk lemon dan satu sendok teh bubuk kunyit. Aduk secara merata dan aplikasikan di kulit ketiak. Balur perlahan dan diamkan selama lima menit lalu bilas. Selamat mencoba!

0 komentar: